Minggu, 16 Oktober 2011

Belajar Delphi 7.0

Mungkin ini artikel yang sudah basi yah,atau yah bahasan yang sudah gimana gituu...hehehe 
okee let's know that...
hmm..dalam artkel kali ini,,,saya akan menulis tentang Delphi ,,yah secara saya baru mendapatkan pelajaran ini dismester 3 ini,,a new lessons for me,,, hmm sebenarnya bukan baru sih, karena delphi ini merupakan pengembangan dari Pascal, dimana Pascal yang bebasis DOS,,,dan delphi berbasis Visual, yah kayak Visual basic gitu,,, :).. let's cekidot...



Delphi adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis visual yang digunakan untuk membuat program aplikasi pada komputer (seperti Visual basic). Bahasa pemrograman yang digunakan oleh Delphi sebenarnya merupakan turunan dari bahasa pemrograman pascal, yang dahulu pada Delphi dikenal sebagai objek pascal. Bagi Anda yang telah mengenal bahasa pemrograman pascal, maka mungkin Anda tidak akan terlalu kesulitan dalam mempelajari Delphi.
Delphi relatif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, disamping itu banyak referensi terutama dalam bentuk buku yang membahas tentang bahasa pemrograman ini. Delphi telah terbukti mampu menghasilkan software-software yang berkualitas, baik yang berskala besar maupun kecil, teknologi yang digunakan pada Delphi pun cukup uptodate.
Sampai saat ini, Borland sebagai perusahaan pembuat Delphi, terus menyempurnakan Delphi mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat. Hal ini menjadikan Delphi sebagai salah satu pilihan utama yang cukup banyak digunakan oleh para programmer di Indonesia khususnya, sebagai tools dalam proyek pengembangan software.
Versi dari Delphi yang digunakan sebagai acuan dari DFN ini adalah Borland Delphi Versi 7, namun meskipun demikian Anda bisa menggunakan Delphi versi lainnya, karena relatif hampir sama. Penggunaan Delphi 7 bukanlah tanpa alasan ? namun Delphi 7 merupakan versi yang cukup stabil bila digunakan di Windows 98, 2000, XP, bahkan Vista dibandingkan dengan Delphi Versi lainnya. Meskipun belum ada riset tentang hal ini, namun beberapa programmer Delphi mengakuinya termasuk saya hehehe.
Jika Anda pemula, Delphi 7 sudah lebih dari cukup untuk belajar hingga mengembangakan aplikasi selanjutnya, Apalagi dengan IDE yang relatif simple, lho apa tuh IDE? Baca lanjutannya di topik berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri Komentar... ^^